Berita

Pusat Penelitian Ekonomi LIPI
Standard Post with Image

Peneliti P2E LIPI, Dr. Maxensius Tri Sambodo, manjadi narasumber acara Webinar dan Bedah Buku “Mewujudkan Indonesia 4.0: Kumpulan Pemikiran Pelajar Indonesia di Australia”.

Peneliti Pusat Penelitian Ekonomi LIPI, Dr. Maxensius Tri Sambodo, menjadi narasumber dalam acara Seri Grand Launching, Webinar dan Bedah Buku “Mewujudkan Indonesia 4.0: Kumpulan Pemikiran Pelajar Indonesia di Australia”.

Acara ini diselenggarakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPIA) bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Canberra, Sobat Cyber Indonesia (SCI), Asosiasi Fakultas Ekonomi & Bisnis Indonesia, serta Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Buku yang berjudul “Mewujudkan Indonesia 4.0 – Kumpulan Pemikiran Pelajar Indonesia di Australia” ini merupakan suatu usaha dari pelajar Indonesia yang terhimpun dalam PPIA untuk berkontribusi dalam mempersiapkan Indonesia dalam menyambut revolusi Industri 4.0. Buku ini berisi bunga rampai pemikiran pelajar Indonesia di Australia.

Dalam penyajiannya, buku ini mencakup tujuh sub-tema yaitu: (1) Ekonomi, Industri dan Investasi; (2) Teknologi dan Inovasi; (3) Sumber Daya Manusia dan Sosial; (4) Hukum, Institusi, dan Kebijakan; (5) Aspek Keberlanjutan dan Energi; (6) Infrastruktur; dan (7) Kesehatan. Penulisan buku ini berada di bawah koordinasi PPIA dengan melibatkan 34 kontributor tulisan.

Grand Launching

Acara sudah dilaksanakan dan rekaman dapat dilihat di https://youtu.be/wxxGKLruoUM

Webinar Series
1. Ekonomi, industri, dan investasi (Kamis, 10 September 2020 ∙ 13.00-15.00 WIB/16.00-18.00 AEST)
2. Teknologi dan inovasi (Senin, 14 September 2020 ∙ 13.00-15.00 WIB/16.00-18.00 AEST)
3. Sumber daya manusia dan sosial (Kamis, 17 September 2020 ∙ 16.00-17.30 WIB/19.00-20.30 AEST)
4. Hukum, institusi, dan kebijakan (Senin, 21 September 2020 ∙ 13.00-15.00 WIB/16.00-18.00 AEST)
5. Aspek keberlanjutan dan energi (Kamis, 24 September 2020 ∙ 16.00-18.00 WIB/19.00-21.00 AEST)
6. Infrastruktur (Senin, 28 September 2020 ∙ 13.00-15.00 WIB/16.00-18.00 AEST)
7. Kesehatan (Kamis, 1 Oktober 2020 ∙ 13.00-15.00 WIB/16.00-18.00 AEST)

Selengkapnya...
Standard Post with Image

Pelatihan online "Strategi Menembus Publikasi Internasional: Perspektif Penulis dan Editor" untuk bidang ilmu ekonomi, bisnis, dan manajemen

Pusat Penelitian Ekonomi LIPI mengundang Bapak/Ibu untuk dapat berpartispasi dalam kegiatan pelatihan online "Strategi Menembus Publikasi Internasional: Perspektif Penulis dan Editor" untuk bidang ilmu ekonomi, bisnis, dan manajemen. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 28-29 September 2020 dengan menggunakan aplikasi Zoom (link Zoom akan diinformasikan melalui email). Adapun narasumber dalam pelatihan ini meliputi: Senin, 28 September 2020 1. Dr. Arianto A. Patunru (Akademisi Australian National University dan Co-editor Bulletin of Indonesian Economic Studies (BIES) - Q1 2. Prof. Imam Ghozali, PhD (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro) 3. Prof. Dr. Carunia Mulya Firdausy (Peneliti Pusat Penelitian Ekonomi LIPI dan Dosen Fakultas Ekonomi, Universitas Tarumanegara) Selasa, 29 September 2020 1. Dr. Sumiyana(Associate Editor in-Chief Gadjah Mada International Journal of Business (GamaIJB)) - Q3 2. Johan Jang, M.Pd. (Customer Consultant Elsevier Asia Pacific (APAC) Untuk registrasi, Bapak/Ibu dapat mengklik pada tautan berikut: https://bit.ly/2FK2z87

Selengkapnya...
Survei online

Survei online "Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Ketahanan Pangan Rumah Tangga",

Pusat Penelitian Ekonomi LIPI mengundang Bapak/Ibu/rekan untuk berpartisipasi pada survei online "Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Ketahanan Pangan Rumah Tangga", dengan cara klik Link berikut: https://s.id/surveipanganlipi Kami menyadari pandemi ini menjadi ujian yang cukup berat bagi masyarakat Indonesia. Survei ini bagian dari konsorsium riset yang dibentuk oleh Kemenristek/BRIN bersama dengan Kedeputian IPSK LIPI, dan hasilnya disampaikan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Pandemi COVID-19. Untuk itu, kami berharap partisipasi Bapak/Ibu/rekan untuk mengisi survei ini. Salam hormat, Tim Peneliti.

Selengkapnya...
Standard Post with Image

Pusat Penelitian Ekonomi Menerima Penghargaan ICSB Award 2020

Pusat Penelitian Ekonomi (P2E) LIPI memperoleh prestasi gemilang seiring dengan hasil Survei Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi COVID-19. Kali ini, Kepala Pusat Penelitian Ekonomi, Agus Eko Nugroho, mewakili P2E LIPI hadir dan menerima penghargaan ICSB Indonesia Presidential Award 2020 kategori pilar penelitian, yang diselenggarakan secara virtual, pada Sabtu (19/9) di Jakarta.
 
Penghargaan ICSB Indonesia Presidential Award 2020 diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap institusi yang memiliki kontribusi besar terhadap pengembangan usaha kecil dan menengah di wilayah DKI Jakarta, baik sebelum maupun di saat pandemi COVID-19. Penghargaan ini diberikan kepada empat pilar, yaitu: Pemerintah, Pelaku Bisnis, Peneliti, dan  Pembina yang terpanggil untuk memperkuat kapabilitas kewirausahaan pengusaha kecil dan menengah di Indonesia. “Selamat kepada semua pihak yang memperoleh penghargaan ICSB Presidential Award 2020, semoga penghargaan ini bisa menjadi penyemangat untuk terus berjuang demi UKM Indonesia. Karena Menyerah bukan Pilihan”, tutur Presiden ICSB Indonesia, Jacky Mussry.
 
Mussry menyebutkan, pandemi COVID-19 memberikan dampak yang signifikan kepada masyarakat Indonesia, khususnya para pelaku UMKM, untuk itu berbagai pihak telah berusaha memberikan kontribusi nyata dalam rangka mendukung para pelaku UMKM agar dapat bertahan di tengah situasi yang penuh tantangan ini. “Penghargaan diberikan kepada Intansi yang mendukung perkembangan UMKM di DKI Jakarta selama satu tahun terakhir”, paparnya.
 
P2E LIPI telah berkontribusi melakukan Kaji Cepat Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Kinerja UMKM Indonesia, yang surveynya dilaksanakan secara daring pada tanggal 1-20 Mei 2020, dan melibatkan 679 responden pelaku usaha di 24 provinsi. Untuk mengetahui lebih dalam hasil survei, dapat dibaca pada link berikut ini  http://lipi.go.id/berita/survei-kinerja-umkm-di-masa-pandemi-covid19/22071
 
Sebagai tambahan informasi, acara penghargaan International Council for Small Business (ICSB) Indonesia merupakan bagian dari rangkaian acara "The 8th Jakarta Marketing Week: Seize The Normal Momentum - New, Next, Post" yang diselenggarakan dari 16 - 20 September 2020 secara virtual. ICSB yang berdiri sejak 2015 adalah organisasi non-profit dengan jaringan global di 85 negara yang fokus pada pemberdayaan UMKM serta penyebaran semangat kewirausahaan. (mtr/ags)

Selengkapnya...
Standard Post with Image

Dr. Agus Eko Nugroho, Kepala P2E - LIPI menjadi narasumber dalam acara Webinar Nasional "Lembaga Penjamin Simpanan sebagai Solusi Multi Dimensi Kebangkitan Koperasi Indonesia”

Dr. Agus Eko Nugroho, Kepala Pusat Penelitian Ekonomi - LIPI akan menjadi narasumber dalam acara Webinar “Lembaga Penjamin Simpanan sebagai Solusi Multi Dimensi Kebangkitan Koperasi Indonesia: Akankah Mimpi Itu Segera Menjadi Nyata?” pada 16 September 2020. Untuk pendaftaran, silahkan klik pada link berikut: http://bit.ly/Daftar-VIUNOMICS3

Selengkapnya...
Standard Post with Image

Warekada Series

Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (PERMIAS) akan menyelenggarakan seminar daring membahas sejarah, proyeksi masa depan, dan sektor-sektor ekonomi di Indonesia. Tujuannya adalah untuk menyediakan pemahaman menyeluruh bagi mahasiswa Indonesia mengenai kondisi ekonomi negara dengan mengundang akademisi dan ahli profesional di bidangnya.

 

Di bawah ini terlampir deskripsi singkat dan ikhtisar acara PERMIAS Nasional Warekada Series:

Tanggal: 18-20 September 2020

Waktu: 21.00 EDT / 8.00 WIB (waktu mulai setiap hari)

Lokasi: Online (Youtube Live streaming)

Durasi: 2.5 jam per hari

Target peserta: 300 orang

Pra registrasi: https://www.eventbrite.com/e/warekada-series-the-economic-path-of-anation-tickets-119026582713

 

JADWAL SEMINAR:

1. Hari pertama: The Past – Orde Lama & Orde Baru

a. Orde Lama – Speaker: Thomas Lindblad (TBC)

b. Energy and Mineral Industries – Speaker: Kuntoro Mangkusubroto (TBC)

c. Orde Baru – Speaker: Siddarth Chandra (Confirmed) d. Human Development [Education/Healthcare] – Speaker: Armida Alisjahbana (TBC)

2. Hari kedua: The Present – Reformasi

a. Reformasi – Speaker: Chatib Basri (TBC)

b. Monetary Economics – Speaker: Destri Damayanti (Confirmed)

c. International Economics – Speaker: Mahendra Siregar (TBC) d. Rural Economic Development – Speaker: Iwan Aziz (Confirmed)

3. Hari ketiga: The Future

a. Future Projections – Speaker: Frederico Sanders (TBC)

b. Financial Services – Speaker: Haryanto Budiman (Confirmed)

c. Technology & Industry 4.0 – Speaker: Crystal Widjaja (TBC) d. Environmental Economics – Speaker: Budy Resosudarmo (Confirmed)

 

Trailer Youtube: https://youtu.be/tNHMgsAzi5A

 

Selengkapnya...
Standard Post with Image

Empat peneliti dari P2E LIPI mempresentasikan makalah dalam Specialty Conference yang diselenggarakan oleh ADB

Empat peneliti dari P2E LIPI, yaitu Nika Pranata, Nur Firdaus, Erla Mychelisda, dan Achsanah Hidayatina akan mepresentasikan makalah mereka yang berjudul “Crowdfunding for Infrastructure Project Financing: Lessons Learned for Asian Countries” dalam sebuah konferensi khusus “Fintech to Enable Development, Investment, Financial Inclusion and Sustainability” yang diselenggarakan oleh ADB, Institute of Global Finance, ABFER, NUS Business School, dan ADB Institute pada 24 September 2020.

Untuk detailnya (termasuk info registrasi), silahkan klik pada link berikut: http://abfer.org/events/abfer-events/specialty-conference/specialty-conference/182:sc2020

Selengkapnya...
Standard Post with Image

Transformasi Metode Digital untuk Riset Sosial dan Humaniora pada Masa Pandemi COVID-19

Jakarta, Humas LIPI. Pembatasan fisik akibat pandemi COVID-19 yang terjadi sejak awal 2020 hingga saat ini, berdampak serius di hampir seluruh aspek kehidupan, baik itu dari sisi ekonomi, sosial, psikologis, maupun keamananan, sehingga mengubah aktivitas manusia termasuk dalam kegiatan penelitian sosial humaniora. Penelitian yang biasanya menekankan pada penggalian data melalui interaksi manusia, harus mencari cara lain untuk tetap terlaksana. Upaya LIPI bertransformasi ke metode riset yang sejatinya dilakukan secara fisik beralih menjadi digital”, terang Peneliti Pusat Penelitian Ekonomi LIPI, Bachtiar Rifai dalam Webinar “Transformasi Metode Digital untuk Penelitian Sosial dan Humaniora di Masa Pandemi COVID-19” pada Senin ( 31/8).   

 

Menurut Bachtiar, transformasi dalam dunia sosial, mendorong para peneliti sosial humaniora turut beradaptasi dalam menjalankan penelitian. Hal ini yang dilakukan oleh Kedeputian IPSK LIPI dengan melakukan transformasi metode digital dalam penelitiannya. Meskipun idealnya, kegiatan riset sosial humaniora berbasis pada interaksi manusia dan melui pendekatan konvensional.  “Konsep metode digital merupakan pendekatan penelitian untuk mengumpulkan data primer dan sekunder tanpa melakukan interaksi tatap muka. Namunberbasis teknologi informasi dalam jaringan (internet) dengan menggunakan sarana komunikasi (komputer, Ipad/ tablet, telepon pintar), yang selanjutnya dapat diproses otomatisasi (dengan bahasa pemrograman) serta visualisasi secara digital”, jelasnya.

 

“Metode riset digital merupakan solusi yang terbaik, untuk beradaptasi melakukan riset. Riset digital menjembatani antara peneliti dan obyek riset dengan mengutamakan keselamatan keduanya”, sebut Bachtiar. Lebih lanjut dirinya mengemukakan bahwa, peluang menggunakan metode digital sangat terbuka lebar dikarenakan saat ini, daring (dalam jaringan) internet menjadi bagian primer pada kehidupan modern. Pergerakan data berbasis internet sangatlah dinamis. Hal ini yang perlu ditangkap oleh para peneliti sosial untuk dijadikan peluang dalam melakukan riset, yang selama ini jarang ditangkap pada dunia luring”, sebut Bachtiar.

 

Daring menjadi kebutuhan primer pada masa pandemi, dan terelaborasi melalui jaringan internet. Survei yang dilakukan oleh Global Web Index, terdata pengguna internet di Indonesia sebanyak 174 juta, 64 persen dari jumlah populasi penduduk Indonesia. Pertumbuhan yang cukup tinggi sebesar 17 persen, lebih dari pertumbuhan ekonomi Indonesia sendiri”, urai Bachtiar. “Rata-rata delapan  jam atau sepertiga dari waktu yang ada, penduduk Indonesia menggunakan fasilitas internet.

 

Meskipun demikian, transformasi metode riset digital di Indonesia, masih menemui beberapa kendala, diantaranya adalah reluktansi para peneliti sendiri yang beranggapan bahwa riset sosial humaniora harus berfokus pada interaksi langsung dengan subyek penelitiannya dengan memenuhi kaidah ilmiah penelitian”, katanya.  Sementara, sebagian beranggapan bahwa metode riset digital merupakan ranah riset untuk bidang Teknologi Informasi.

 

Selain hal itu, basis infrastruktur riset digital di Indonesia juga belum kuat. Dalam hal ini infrastruktur pendukung seperti kestabilan jaringan internet, keterbatasan hardware untuk penggunaan instrumen digital, hingga software yang berbiaya tinggi. Tentu saja hal-hal diatas dapat dijembatani dengan peningkatan soft skills para peneliti, penyediaan infrastruktur internet yang memadai, serta hal penting lainnya terkait dengan masalah etika riset digital dalam penelitian yang mesti terformalkan dalam Komite klirens etik”, kata Bachtiar.

 

Sebagai informasi, Kedeputian IPSK LIPI telah melakukan implementasi metode digital dalam riset sosial humaniora, adapun tahapan yang telah diimplementasikan diantaranya: Sosialisasi dan review, desain penguatan skills metode digital, workshop metode digital secara daring bekerjasama dengan Pusbindiklat LIPI, pengembangan software metode digital, review dan penguatan, serta pengadopsian kriteria metode digital oleh Komite Klirens Etik (sys/ed:mtr)

Selengkapnya...
Standard Post with Image

Konsep Proper Governance yang dipaparkan oleh Prof. Syarif Hidayat dalam The 5th TKW Lecture Series

Konsep Proper Governance yang dipaparkan oleh Prof. Syarif Hidayat dalam "Webinar The 5th Thee Kian Wie Lecture Series: "Kebijakan Pembangunan yang Inklusif dan Berkelanjutan: Strategi Pemulihan Pasca Pandemi", Hosted by Pusat Penelitian Ekonomi-LIPI pada tanggal 26 Agustus 2020.

Presentasi beliau dapat dilihat di link berikut: 

https://www.youtube.com/watch?v=QwHrKnXec-Y&feature=youtu.be

Selengkapnya...
Standard Post with Image

Webinar The 5th Thee Kian Wie Lecture Series: "Kebijakan Pembangunan yang Inklusif dan Berkelanjutan: Strategi Pemulihan Pasca Pandemi", Hosted by Pusat Penelitian Ekonomi-LIPI

Kondisi pandemi yang berdampak serius terhadap kondisi kesehatan dan juga ekonomi di seluruh dunia, termasuk Indonesia menghadirkan kebutuhan akan langkah-langkah pemulihan yang tepat, cepat, dan dapat menyentuh seluruh kalangan. Di sisi lain, kejadian pandemi ini diharapkan dapat menjadi pendorong untuk kebijakan yang lebih berkelanjutan. Untuk itu, Thee Kian Wie Lecture Series mengangkat tema “Kebijakan Pembangunan yang Inklusif dan Berkelanjutan: Strategi Pemulihan Pasca Pandemi”. Pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan sendiri telah menjadi cita-cita Alm. Dr. Thee Kian Wie semasa hidupnya.

 

Dalam seminar ini, Prof. Bambang Brodjonegoro, Menteri Riset, Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional, bertindak sebagai keynote speaker. Beliau menyampaikan bahwa pembatasan mobilitas penduduk selama penanganan COVID-19 membuat ruang gerak ekonomi menjadi tidak optimal, sehingga terjadi penurunan penawaran dan permintaan barang dan jasa yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini telah terkontraksi sebesar -5,32%.

 

Demikian halnya dengan ketimpangan, rasio gini  di Maret 2020 sebesar 0,381 atau lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi September 2019 (0,380). “Untuk menjaga agar ekonomi tidak terkontraksi lebih dalam, dukungan pada kelompok masyarakat yang berpenghasilan paling rendah dan rentan harus menjadi salah satu fokus utama,” jelas Menteri Bambang.

 

Menteri Bambang menyebut bahwa dalam konteks pandemi, diperlukan upaya memperkuat inklusivitas pembangunan. Arah kebijakan pemerintah pun akan diutamakan untuk menjaga agar konsumsi masyarakat tidak terganggu terlalu dalam dan jangka panjang. “Insentif, subsidi, bantuan yang tepat sasaran menjadi kunci menjaga inklusifitas dari pembangunan,” jelasnya.


Kemudian dalam sesi diskusi panel, P2E LIPI mengundang Prof. Emil Salim yang juga merupakan sahabat Thee Kian Wie (alm.), Prof. Daniel Murdiyarso (Institut Pertanian Bogor), Prof. Syarif Hidayat (P2E LIPI), Ir. Hariyadi B. Sukamdani (Ketua APINDO), dan Dr. Agus Eko Nugroho (P2E LIPI).

 

Kepala Pusat Penelitian Ekonomi LIPI, Agus Eko Nugroho mengungkapkan bahwa kontraksi pertumbuhan ekonomi telah mengakibatkan adanya peningkatan pengangguran dan kemiskinan serta penurunan kesejahteraan masyarakat khususnya di sektor UMKM dan rumah tangga.

 

Terkait dampak pandemi COVID19 terhadap perekonomian, khususnya perekonomian UMKM dan rumah tangga, Pusat Penelitian Ekonomi LIPI telah melakukan survei kajian cepat. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi UMKM dan rumah tangga terdampak COVID-19 dan persiapan pembangkitan ekonomi. Survei kajian cepat dampak pandemi COVID-19 pada UMKM telah dilakukan pada 1 hingga 20 Mei 2020 dan kajian cepat dampak pada sektor rumah tangga pada 10 – 31 Juli 2020.

 

Agus menekankan bahwa inti kebijakan pemulihan ekonomi berbasis inklusifitas harus memprioritaskan ekonomi domestik seperti UMKM dan rumah tangga sebagai bagian dari dimensi inklusifitas itu sendiri.

“Perlindungan UMKM dan rumah tangga yang terdampak berat merupakan langkah fundamental pemulihan ekonomi,” ujar Agus.

 

Profesor Riset Pusat Penelitian Ekonomi LIPI, Sarip Hidayat menambahkan pemulihan ekonomi pembangunan pasca pandemi tidak akan dapat dipisahkan dari peran masyarakat. “Dalam pemulihan pasca pandemi, sudah dapat dipastikan kapasitas negara terbatas. Untuk itu, peran masyarakat ekonomi dan sipil menjadi penting, tidak dapat ditawar harus terlibat,” kata Sarip (iz/ed: fz)

 

Sumber: Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Selengkapnya...
Standard Post with Image

Media Briefing "Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Ekonomi Rumah Tangga: Mitigasi dan Pemulihan"

Pusat Penelitian Ekonomi LIPI mengadakan kegiatan media briefing berjudul Pemaparan Hasil Survei "Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Ekonomi Rumah Tangga" pada hari Rabu Tanggal 19 Agustus 2020.


Survei yang dilaksanakan oleh P2Ekonomi LIPI pada periode 10-31 Juli 2020 ini diikuti oleh lebih dari 1500 rumah tangga yg tersebar di seluruh Indonesia. Hasil survey menunjukkan sejauh mana pandemi berdampak terhadap kondisi keuangan bahkan perubahan perilaku konsumsi RT hingga ekspektasi di masa depan.


Bahan pemaparan hasil survey dapat didownload di link berikut:

https://s.id/P2E-LIPIBriefingFile


Salam,

Tim P2E LIPI

 

Selengkapnya...
Standard Post with Image

Prof. Syarif Hidayat, Peneliti P2E LIPI, Menjadi Pembicara dalam Webinar ”New Normal dan Urgensi Otonomi Daerah"

Center for Transdisciplinary and Sustainability Sciences (CTSS), and School of Graduate Studies IPB University, Humbly Present The 9th Transdisciplinary Tea Talk:

”New Normal dan Urgensi Otonomi Daerah"

.

Speaker:

Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, MA (Institut Otonomi Daerah)

Speaker:

Prof. Dr. Syarif Hidayat (Pusat Penelitian Ekonomi (P2E)-LIPI & Fellow of CTSS )

.

Moderator:

Dr. Rilus A. Kinseng (Lecturer at SKPM Department, FEMA IPB University

& Head of Knowledge Production Division CTSS IPB University)



On August 19, 2020 02.00 – 04.00 P.M. With Zoom Meeting.

 

The discussion is open for public (student, lecturer, NGO, government, researcher and etc) ,

Free Registration, What do you get from this activity? E-Certificate Knowledge Exchange, and Network.

 

Click this link for registration : ipb.link/ttt9th   

Website link http://ctss.ipb.ac.id/meeting/discussion/   

Limited only for 100 participants in Zoom. Participants can also access through CTSS's You Tube


Participant have to send confirmation to

Whatsapp No.082122425017

format:TTT9_Name

Selengkapnya...
Standard Post with Image

Prof. Dr. Carunia Firdausy, Peneliti P2E LIPI, Menjadi Pembicara dalam Webinar

UU 11/2019 menjadi embrio kelahiran Badan Riset & Inovasi Nasional (BRIN) yang melekat di Kementerian Riset dan Teknologi, tetapi bentuk badannya belum juga muncul sampai saat ini, menimbulkan kegalauan para pejabat struktural maupun fungsional di lembaga litbangjirap di kementerian/lembaga.

Para peneliti yang bernaung di balitbangda pun galau dengan nasib mereka apakah pemerintah daerah juga perlu menyiapkan badan riset dan inovasi daerah (BRIDa)? Kedua topik BRIN & BRIDa ini dibahas tuntas di Week-end IABIE Dialog (WeID)#1 Sabtu 08/8 jam 8 malam.

Selengkapnya...
Standard Post with Image

Survey Dampak Covid-19 Terhadap Kondisi Lembaga Keuangan Mikro (LKM)

P2 Ekonomi LIPI mengundang Bapak/Ibu/rekan untuk berpartisipasi pada survei online "Dampak COVID-19 Terhadap Lembaga Keuangan Mikro (LKM)". Survei ini merupakan bagian dari konsorsium riset yang dibentuk oleh Kemenristek/BRIN bersama dengan Kedeputian IPSK LIPI.

Tujuan utama survei ini adalah untuk mengkaji dampak COVID-19 terhadap kinerja LKM, menganalisis kebijakan mitigasi yang telah digulirkan oleh pemerintah dan menyusun strategi yang dibutuhkan agar LKM memiliki daya tahan dalam menghadapi krisis (resilient). Hasil survei ini akan kami sampaikan kepada pemangku kepentingan sebagai salah satu dasar dalam pembuatan kebijakan, antara lain: Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional, Kementerian Keuangan, Kementerian Kordinator Perekonomian, Kementerian Koperasi dan UMKM, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kami menyadari pandemi ini menjadi ujian yang cukup berat bagi masyarakat Indonesia, untuk itu kami sangat menghargai partisipasi Bapak/ibu/rekan dalam mengisi survei ini. Atas dukungan Bapak/Ibu/rekan kami ucapan terima kasih.

Salam hormat kami,
Tim Peneliti

Link survei: https://www.surveymonkey.com/r/covidLKM


Selengkapnya...
Standard Post with Image

Webinar "Penanganan Dampak Covid-19 terhadap Pelaku UMKM di Jawa Tengah" Kerja Sama Antara P2E LIPI dan Bappeda JaTeng

Pusat Penelitian Ekonomi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2E LIPI) kembali mengadakan Webinar dengan judul "Penanganan Dampak Covid-19 terhadap Pelaku UMKM di Jawa Tengah". Webinar ini merupakan hasil kerja sama antara P2E LIPI bersama dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Jawa Tengah (Bappeda JaTeng). Acara tersebut diselenggarakan pada hari Senin, 27 Juli 2020 pukul 09.00-13.00 melalui aplikasi Zoom.

Kepala Bidang Riset dan Pengembangan Bappeda Jateng, Triyuni Atmojo menyambut dan membuka acara ini mewakili Kepala Bappeda Jateng. Ada lima pembicara yang hadir dalam acara ini: Agus Eko Nugroho (Kepala P2E LIPI), Soekawardojo (Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah), Erna Rahmawati (Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah), Izza Mafrurah (Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret), dan Bernardus Arwin (Wakil Ketua Umum KADIN Jawa Tengah).


Selengkapnya...
Standard Post with Image

Survei Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Ekonomi Rumah Tangga

Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2E LIPI) mengundang Bapak/Ibu/rekan untuk berpartisipasi pada survei online "Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Ekonomi Rumah Tangga". Survei ini merupakan bagian dari konsorsium riset yang dibentuk oleh Kemenristek/BRIN bersama dengan Kedeputian Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan LIPI dan hasilnya disampaikan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Pandemi COVID-19.

Kami menyadari pandemi ini menjadi ujian yang cukup berat bagi masyarakat Indonesia, untuk itu mohon kesediaannya mengisi dan menyebarkan survei berikut. Semoga langkah kecil kita dapat memberi manfaat bagi banyak orang. 


Salam hormat kami,

Tim Peneliti


Link survei: https://www.surveymonkey.com/r/surveyekonomilipi

Batas akhir: 31 Juli 2020, pukul 24.00 WIB

Selengkapnya...