42 Mahasiswa Universitas Brawijaya Diskusi Isu Ekonomi di LIPI

Jakarta, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Ekonomi, menerima kunjungan mahasiswa Ekonomi dan Bisnis (LSME), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Malang. “Sebagai lembaga penelitian, sudah kewajiban bagi kami untuk memberikan pemahaman apa yang dilakukan terkait perekonomian Indonesia,” ujar Kepala Pusat Penelitian Ekonomi LIPI, Agus Eko Nugroho di Jakarta, Jum’at (25/10).

Agus mengatakan, secara umum selain melakukan penelitian, LIPI juga melakukan fungsi membantu memberikan masukan kebijakan ekonomi pada pemerintah. “Termasuk di dalamnya membantu layanan publik, contoh menerima kunjungan mahasiswa seperti saat ini dan magang thesis ada pendampingan peneliti. Setiap tahunnya dari Fakultas Ekonomi Satya Wacana, Salatiga ada 15-20 mahasiswa, melakukan magang 1 bulan,” papar Agus.

Pada kesempatan ini, Peneliti Pusat Penelitian Ekonomi LIPI, Felix Wisnu Handoyo, membahas isu ekonomi yang aktual. “Asuransi kesehatan nasional yang sedang marak di bahas di masyarakat, BPJS misalnya. Penguatan dan pemerataan layanan kesehatan, perlu dilakukan evaluasi. Sejak peluncuran Asuransi Kesehatan Nasional Indonesia tercatat mengalami defisit keuangan sekitar Rp 16.5 triliun pada 2016,” ungkapnya.

Defisit keuangan tersebut menurut Wisnu, dikarenakan klaim yang jauh lebih besar daripada premi yang dikumpulkan oleh anggota program. Wisnu menerangkan, Pemerintah harus meningkatkan premi untuk menjaga keberlanjutan program. “Secara statistik klaim premi berpengaruh signifikan untuk mengurangi pengeluaran medis, tetapi tidak cukup untuk meningkatkan status kesehatan, sehingga program ini berhasil meningkatkan jumlah orang untuk mengakses layanan perawatan medis, secara umum,” tutupnya. Sesi diskusi kunjungan ini dipimpin oleh Euis Yulia Gantini, Humas di Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI. (ey,ys/ed.mtr)


 Kunjungan Mahasiswa

 Dyah Rachmawati, BKHH LIPI

Komentar

*
*
*