Media Briefing Serbuan Produk Impor dan Penjual Asing pada E-commerce Indonesia: Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya

Perkembangan e-commerce memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian Indonesia. Data dari Bank Indonesia mencatat pada tahun 2018 nilai transaksi untuk e-commerce formal mencapai lebih dari Rp 77 triliun, selain itu e-commerce juga menyerap banyak tenaga kerja. Namun demikian, karakteristik e-commerce yang tanpa batas memberikan ancaman yang serius bagi produsen dan penjual online di Indonesia.

Untuk membahas bagaimana sebaiknya pemerintah mengatasi hal tersebut , Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Ekonomi memaparkan hasil penelitian yang berjudul "Serbuan Produk Impor dan Penjual Ading pada E-commerce Indonesia: Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya, beserta Rekomendasi Kebijakan, pada Jumat 13 Desember 2019 di Jakarta. Hasil Penelitian ini dipaparkan oleh Bapak Nika Pranata dan Bapka Zamroni Salim.

 Media Briefing Serbuan Produk Impor dan Penjual Asing pada E-commerce Indonesia

 RNT

Komentar

*
*
*