Seminar Nasional 2019 Mengupas Dinamika dan Tantangan Indonesia dalam Perekonomian Global

Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengadakan Seminar Nasional 2019 dengan tema Dinamika dan Tantangan Indonesia dalam Perekonomian Global pada Kamis, 12 Desember 2019 dengan 4 narasumber yakni Nurlaila Nur Muhammad (Kepala Pusat Pengkajian Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan); Kiki Verico, Ph.D (LPEM FB UI); Shinta W. Kamdani (Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Internasional, Kamar Dagang dan Industri Indonesia) dan Zamroni Salim, Ph.D (Pusat Penelitian Ekonomi, LIPI).

Dalam diskusi panel kali ini membahas mengenai kondisi perekonomian global yang belum menentu dan cenderung protektif. Selain itu adanya isu perang dagang antara Amerika Serikat dan China, anti globalisasi dimana terdapat negara - negara yang mengadopsi hambatan perdagangan, sistem perdagangan multilateral yang masih dipertanyakan dan isu resesi global yang akan berdampak pada Indonesia serta bagaimana seharusnya kinerja perdagangan Indonesia. 

Nurlaila Nur Muhammad mengatakan, Indonesia memiliki strategi - strategi dalam menghadapi situasi perekonomian global yang tidak menentu ini. Strategi yang diterapkan adalah strategi pada jangka pendek, strategi jangka menengah dan rencana pelaksanaan misi dagang di tahun 2020 dengan 10 misi dagang, dengan target pasar non tradisional dan mitra dagang utama seperti Pakistan, Vietnam, EFTA country, ECC country, ECOWAS, Gulf Country, Australia, Jepang, Korea Selatan dan Perancis. Selain itu, Shinta W. Kamdani memberikan beberapa masukan dalam pelaksanaan strategi nasional pada perspektif pelaku usaha, salah satunya adalah percepatan pelaksanaan Omnibus Law dan OSS untuk meningkatkan iklim yang lebih baik di dunia usaha dan investasi.

 Seminar Nasional Dinamika dan Tantangan Indonesia dalam Perekonomian Global

 RNT

Komentar

*
*
*