Peneliti P2E LIPI, Nika Pranata, Menjadi Pembicara dalam International Webinar Mengenai Digitalisasi Keuangan dan Perdagangan untuk UMKM

World Trade Center Mumbai dan WTC Binh Duong New City, Vietnam menyelenggarakan International Webinar dengan judul 'Leveraging on MSME strength to become Global Manufacturing Hub: Access to Finance and Digital Transformation' pada hari Jumat, 10 Juli 2020. Bagian ketiga dari seri webinar ini berfokus pada isu tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah/UMKM (Micro, Small, and Medium Enterprises/MSME), khususnya tentang bagaimana membantu UMKM untuk menjadi bagian dari Global Supply Chains melalui ketersediaan keuangan dan dampak dari transformasi digital untuk meningkatkan daya saing UMKM.

Peneliti Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2E LIPI), Nika Pranata, menjadi salah satu pembicara dalam webinar tersebut dengan materi berjudul "Digitalization of Finance and Trade for MSMEs: Indonesia Perspective". Nika mengangkat penelitian mengenai digitalisasi lembaga keuangan dan digitalisasi perdagangan dari penelitian yang sebelumnya telah dilakukan bersama dengan P2E LIPI.

Dalam paparannya, Nika menekankan pentingnya memanfaatkan perkembangan financial technology sebagai akses pembiayaan untuk UMKM. Pembayaran digital disebut lebih inklusif seperti dalam studi kasus di Nusa Tenggara Barat dan e-wallet dari negara lain dapat memberikan manfaat bagi sektor pariwisata seperti dalam kasus di Bali. Lebih lanjut, Nika juga menunjukkan bahwa perkembangan e-commerce juga dapat dimanfaatkan oleh UMKM. E-commerce dapat memudahkan orang untuk berdagang dari dan ke luar negeri.

 webinar, UMKM, e-commerce, fintech

 KS

Komentar

*
*
*