Perlindungan Konsumen dan Keadilan Pajak dalam Bisnis E-Commerce Di Indonesia

Industri dan Perdagangan

Tema: Industri dan Perdagangan


  • 2018-12-17
  • konsumen, ecommerce
  • Dr. Zamroni Salim S.E., M.Appl.Ec., Ir. Ernany Dwi Astuty M.Si., Kanetasya Sabilla S.E., M.Sc., Tuti Ermawati M.S.E.n
  • Download File

Abstrak:

Perlindungan Konsumen dan Keadilan Pajak dalam Bisnis E-Commerce Di Indonesia

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, e-commerce dipandang oleh pemerintah memiliki potensi yang besar daIam mendukung perekonomian Indonesia. Tumbuh kembangnya bisnis e-commerce menimbulkan kecemasan kepada kalangan pelaku bisnis konvensional, terutama menyangkut keadilan pajak. Sementara itu, pada sisi lain, rencana pemerintah mengenakan pajak pada bisnis e-commerce belum mendapat dukungan penuh dari pelaku bisnis di industri e-commerce; dengan alasan bahwa industri ini baru tumbuh dan masih memerlukan perlindungan. 

Ada dua hal penting yang diangkat dalam naskah kebijakan (Policy Paper) ini yaitu menyangkut perlindungan konsumen dan perpajakan. Perlindungan konsumen merupakan hal penting untuk diperhatikan dalam membangun industri e-commerce karena konsumen seringkali dirugikan dalam proses transaksi elektronik; juga karena masih belum tingginya kesadaran konsumen di Indonesia. Perpajakan dianggap penting karena masalah fairness yang harus ditegakkan oleh pemerintah untuk semua pelaku bisnis di Indonesia baik yang on-line maupun off-line dan alasan lain termasuk masalah pendapatan negara.

Share: