International Workshop on Critical Issues in Economic and Social Development

Acara workshop internasional kerjasama antara IPSK LIPI dengan IDE-JETRO, sambutan dan pembukaan disampaikan oleh Prof. Tri Nuke Pudjiastuti selaku Deputi IPSK LIPI.  Dr. Maxensius Tri Sambodo merupakan penggagas kerjasama kegiatan penelitian IPSK LIPI dengan IDE-JETRO tersebut. Acara pembukaan ini disimbolkan dengan pemberian cenderamata dari Ibu Deputi kepada pihak IDE-JETRO yang diwakili oleh Ibu Miki Hamada.

 

IDE-JETRO yang sudah ada sejak tahun 1950 melakukan perdagangan dan promosi investasi. IDE-JETRO melakukan penelitian tentang perkembangan ekonomi di Asia. Kemudian keduanya melakukan merger di tahun 1998. IDE-JETRO saat ini sudah memiliki 3 pusat penelitian yaitu:

1.   Area Studies Center (Southeast Asia, East Asia, South Asia, Middle East, Africa, Latin America, Current Affairs)

2.    Development Studies Center

3.    Inter-disciplinary Studies Center

 

IDE-JETRO memiliki peneliti yang tersebar dalam berbagai disiplin ilmu yaitu:

1.      67 orang peneliti di bidang ekonomi,

2.      27 orang peneliti di bidang ilmu politik,

3.      12 orang peneliti di bidang sosiologi,

4.      11 orang peneliti di bidang statistic,

5.      5 orang peneliti di bidang lingkungan, dan

6.      4 orang peneliti di bidang hukum.

 

Proyek penelitian selama tahun 2019 ada 67 proyek penelitian. Untuk peneliti expert negera Indonesia, adalah Yuri Sato (pada penelitian ekonomi, industry dan bisnis di Indonesia), Miki Hamada (Pengembangan Keuangan, Keuangan Perusahaan, dan Ekonomi Indonesia), Koichi Kawamura (Politik Indonesia dan Politik Perbandingan), Takayuki Higashikata (Ekonomi Indonesia dan Pengembangan Ekonomi), serta Michikazu Kojima (Ekonomi Lingkungan dan Sumber Daya, Masalah Lingkungan di Indonesia, Daur Ulang dan Pengelolaan Sampah di Negara-negara Asia).

 Workshop P2E LIPI dan IDE-JETRO

 Ikv

Komentar

*
*
*