Peneliti LIPI Berbagi Pengetahuan tentang Teknologi Finansial

Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pembangunan Indonesia (STKIP-PI) Makasar berkunjung ke Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Jum’at (1/3) kemarin. Rombongan yang terdiri dari mahasiswa dan dosen tersebut diajak mengunjungi perpustakaan bidang ilmu pengetahuan sosial dan kemasyarakatan. Usai kunjungan tersebut, para mahasiswa dan dosen secara resmi beraudiensi dengan pejabat LIPI.

Rombongan diterima oleh Kepala Pusat Penelitian Ekonomi (P2E) LIPI Dr. Agus Eko Nugroho S.E.M.Appl.Econ. Dalam sambutannya, Agus menyebutkan, daya saing saja tidak cukup untuk mendorong pembangunan ekonomi yang berkualitas, karena itu P2E LIPI menetapkan fokus penelitian pada ekonomi inklusif.

Perwakilan mahasiswa dan dosen, Dr. Hussain, AS, M.Pd menyatakan bangga dapat berkunjung ke LIPI dan bertemu langsung dengan pakar di bidang ekonomi. “Kami berusaha mengakomodir keinginan para mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan, walaupun harus menempuh perjalanan yang jauh,” ungkapnya.

Teknologi Finansial

Sesuai dengan tujuan kunjungan, hadir peneliti P3E LIPI Nika Pranata yang memaparkan ‘Peran dan Tantangan Teknologi Finansial (fintech) dalam mendorong Perkembangan UMKM Indonesia’. Nika menjelaskan, fintech menjadi bagian penting karena 70% penduduk Indonesia sudah memiliki telepon seluler dan mengakses Internet.

“Fintech memiliki kelemahan dan keunggulan,” terangnya. “Seperti pinjaman Online. Di balik kemudahan proses pengajuan yang sederhana dan cepat ada suku bunga yang tinggi dan privasi data bisa dilanggar,” papar Nika.

Nika juga menyebutkan, bahwa pinjaman online syaratnya mudah dan tidak ada jaminan. “Dalam 1-3 hari dana sudah cair,” jelasnya. “Namun, penagihan cenderung tidak etis dan agresif, serta suku bunga dinaikkan. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mengantisipasi kerugian mereka,” tambahnya. “Untuk itu, perlu ada pengawasan otoritas jasa keuangan (OJK) dalam sistem penagihan pinjaman online tersebut,” pungkasnya. (ven, drs)

Sumber foto: bkhh.lipi.go.id

 Kunjungan Mahasiswa

  Dyah Rachmawati - BKHH LIPI

Komentar

*
*
*