Pertemuan LIPI dan TETO dalam Memperluas Kolaborasi Penelitian

Taipei Economic and Trade Office (TETO) berkunjung ke kantor LIPI pada Selasa (19/3). Pertemuan antara TETO dan LIPI tersebut membicarakan tentang peluang kerjasama untuk kolaborasi penelitian antara Taiwan dan Indonesia. Peter S. L. Lan, wakil dirjen kementerian urusan luar negeri departemen Asia Tenggara dan PasifiK, disambut baik oleh kepala LIPI, Laksana Tri Handoko.

Dalam kunjungan tersebut, Handoko dan Peter mengungkapkan keinginan kedua instansi untuk bekerjasama dalam bidang edukasi dan proyek ilmiah atau penelitian. Handoko mengungkapkan keinginan untuk mengembangkan SDM dan capacity building. “Kita mencoba untuk lebih menjelajahi dengan mengkombinasikan pendidikan tinggi dan aktivitas nyata,” ungkap Handoko.

Handoko mengatakan bahwa para peneliti yang dikirim untuk belajar di Taiwan akan terlibat langsung dalam kolaborasi proyek penelitian dengan mitra luar negeri. “Penting bagi LIPI untuk terus menjaga kolaborasi tersebut untuk terus mendapatkan mentorship dari mitra yang lebih berpengalaman.”

Memiliki pandangan yang sama dengan Handoko, Peter berpendapat bahwa pelajar atau peneliti  Indonesia yang dikirim ke Taiwan sebaiknya tidak hanya pergi untuk belajar dan mendapatkan gelar. Ia mengatakan,“siswa tidak hanya akan belajar di sana, lalu mendapatkan gelar, namun terus melanjutkan dan mengamalkan apa yang mereka sudah pelajari dengan terlibat proyek penelitian secara langsung.”

Peter mengatakan bahwa TETO siap membantu dalam memperluas cakupan kerjasama yang sudah ada antara LIPI sebagai lembaga ilmu pengetahuan Indonesia dan TETO dalam bidang penelitian dan pendidikan lanjutan. Ia mengungkapkan bahwa LIPI memiliki peran penting dalam kerjasama di bidang pengembangan SDM lebih dari kerjasama antar pemerintahan. (suc)

 Kerja Sama

  Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Komentar

*
*
*