Dampak Covid-19 terhadap Ketenagakerjaan, Pangan, dan Lingkungan

Kemenristek/BRIN menyelenggarakan Pameran Virtual interaktif Inovasi Indonesia Expo (IIE) 2020 yang berlangsung tanggal 10-13 November 2020. Sebagai bagian dari rangkaian acara IIE 2020 tersebut, LIPI turut berpartisipasi dalam webinar bertema Dampak Covid-19 terhadap Ketenagakerjaan, Pangan, dan Lingkungan pada hari Selasa, 10 November 2020. 

Webinar kali ini mengundang beberapa narasumber, Purwanto, Ph.D dari Pusat Penelitian Ekonomi LIPI, Rusli Cahyadi, Ph.D DAN Nawawi, Ph.D dari Pusat Penelitian Kependudukan LIPI, dan Turro Selrits Wongkaren, Ph.D dari Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI.

Dalam webinar kali ini, Nawawi, Ph.D. (Pusat Penelitian Kependudukan LIPI) membahas mengenai dampak Covid-19 dalam perspektif ketenagakerjaan baik sektor formal maupun informal.  Purwanto, Ph.D (Pusat Penelitian Ekonomi LIPI) membahas mengenai dampak Covid-19 terhadap ketahanan pangan rumah tangga. Hasil survei secara daring tentang ketahanan pangan rumah tangga menunjukkan bahwa kemampuan rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan pangan mengalami penurunan selama masa pandemi Covid-19. 

Dari sisi keragaman konsumsi pangan, rumah tangga lebih cenderung mengubah pola konsumsinya dengan memperbanyak konsumsi sayur-sayuran dan rempah-rempah. Turro Selrits Wongkaren, Ph.D. (Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia) mengupas mengenai jangka panjang Covid-19, dimana pandemi Covid-19 akan meninggalkan jejak pada kondisi kependudukan kita, tidak hanya untuk jangka pendek tetapi juga untuk jangka Panjang. 

Dan Rusli Cahyadi, Ph.D. (Pusat Penelitian Kependudukan LIPI) membahas mengenai peran faktor sosio demografi dalam penanganan penyebaran Covid-19. Rusli menyebutkan ada beberapa faktor sosio-demografi yang berperan dalam penyebaran Covid19 bersifat intrinsik dan melekat pada perilaku sehari-hari dalam kontek bekerja maupun kehidupan sosial kemasyarakatan lainnya.

 

 admin

Komentar

*
*
*