Dr. Agus Eko Nugroho, Kepala P2E Menjadi Narasumber dalam Webinar LPDB Sebagai Sumber Pembiayaan KUMKM (Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Kepala Pusat Penelitian Ekonomi LIPI, Dr. Agus Eko Nugroho, menjadi narasumber dalam acara Webinar "LPDB Sebagai Sumber Pembiayaan KUMKM (Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah)", yang diselenggarakan oleh Kementerian Sekretariat Negara RI pada tanggal 22 Oktober 2020.

Dalam penyajiannya, Dr. Agus memaparkan bahwa pandemi Covid-19 telah berimplikasi pada rendahnya keyakinan konsumsi. Penurunan penjualan dari UMKM pun tak luput dari hantaman Covid-19 hingga mengalami penurunan penjualan sebesar 75%, khususnya kelompok ultra mikro dan mikro. Kondisi ini hampir mendominasi di seluruh kelompok skala usaha dan berbagai kelompok cara penjualan. Dengan begitu perlu adanya stimulus dari pemerintah untuk meminimalisir tingkat kerentanan yang tinggi. Untuk ada beberapa rekomendasi yang dipaparkan oleh Dr. Agus, yakni bantuan likuiditas untuk mendukung proses restrukturisasi yang dilakukan  oleh LKM dan LKM perlu melakukan strategi adaptasi dalam hal digitalisasi dan perbaikan infrastruktur IT. 

Selain Dr. Agus Eko Nugroho, acara ini juga diisi oleh Bapak Supomo, Dirut LPDB KUMKM dan Slamet Riyadi, Direktur Koperasi Mitra Dhuafa (KOMIDA). Searah dengan Bapak Agus, Bapak Supomo pun memaparkan perlu adanya perluasan penyaluran dana bergulir. Rekomendasi dari keduanya diharapkan dapat mengatasi kendala yang dihadapi oleh LKM seperti yang sudah dipaparkan oleh Bapak Slamet Riyadi.

 LPDB Sebagai Sumber Pembiayaan Koperasi UMKM

 

Komentar

*
*
*