Pusat Penelitian Ekonomi Menerima Penghargaan ICSB Award 2020

Pusat Penelitian Ekonomi (P2E) LIPI memperoleh prestasi gemilang seiring dengan hasil Survei Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi COVID-19. Kali ini, Kepala Pusat Penelitian Ekonomi, Agus Eko Nugroho, mewakili P2E LIPI hadir dan menerima penghargaan ICSB Indonesia Presidential Award 2020 kategori pilar penelitian, yang diselenggarakan secara virtual, pada Sabtu (19/9) di Jakarta.

Penghargaan ICSB Indonesia Presidential Award 2020 diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap institusi yang memiliki kontribusi besar terhadap pengembangan usaha kecil dan menengah di wilayah DKI Jakarta, baik sebelum maupun di saat pandemi COVID-19. Penghargaan ini diberikan kepada empat pilar, yaitu: Pemerintah, Pelaku Bisnis, Peneliti, dan  Pembina yang terpanggil untuk memperkuat kapabilitas kewirausahaan pengusaha kecil dan menengah di Indonesia. “Selamat kepada semua pihak yang memperoleh penghargaan ICSB Presidential Award 2020, semoga penghargaan ini bisa menjadi penyemangat untuk terus berjuang demi UKM Indonesia. Karena Menyerah bukan Pilihan”, tutur Presiden ICSB Indonesia, Jacky Mussry.

Mussry menyebutkan, pandemi COVID-19 memberikan dampak yang signifikan kepada masyarakat Indonesia, khususnya para pelaku UMKM, untuk itu berbagai pihak telah berusaha memberikan kontribusi nyata dalam rangka mendukung para pelaku UMKM agar dapat bertahan di tengah situasi yang penuh tantangan ini. “Penghargaan diberikan kepada Instansi yang mendukung perkembangan UMKM di DKI Jakarta selama satu tahun terakhir”, paparnya.

P2E LIPI telah berkontribusi melakukan Kaji Cepat Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Kinerja UMKM Indonesia, yang surveynya dilaksanakan secara daring pada tanggal 1-20 Mei 2020, dan melibatkan 679 responden pelaku usaha di 24 provinsi. Untuk mengetahui lebih dalam hasil survei, dapat dibaca pada link berikut ini  http://lipi.go.id/berita/survei-kinerja-umkm-di-masa-pandemi-covid19/22071

Sebagai tambahan informasi, acara penghargaan International Council for Small Business (ICSB) Indonesia merupakan bagian dari rangkaian acara "The 8th Jakarta Marketing Week: Seize The Normal Momentum - New, Next, Post" yang diselenggarakan dari 16 - 20 September 2020 secara virtual. ICSB yang berdiri sejak 2015 adalah organisasi non-profit dengan jaringan global di 85 negara yang fokus pada pemberdayaan UMKM serta penyebaran semangat kewirausahaan.

 ICSB Award 2020

 

Komentar

*
*
*