Webinar Perdagangan dan Investasi Indonesia di Masa Pandemi Covid-19: Kinerja dan Tantangan Global

Pusat Penelitian Ekonomi LIPI mengadakan workshop online dengan tema “Perdagangan dan Investasi Indonesia di Masa Pandemi Covid-19”. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2020 pukul 09.00 - 12.00 WIB dengan menggunakan aplikasi Zoom.

Webinar kali ini menghadirkan 5 narasumber untuk mengupas tuntas tantangan dan kendala Indonesia dalam era Covid-19 ini, yakni Dr. Arianto Patunru dari ANU Indonesia Project, Dr. Arif Budimanta Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi, Dr. Yuliot Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal - BKPM, Drs. Imam Pambagyo Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional, Kementrian Perdagangan dan Zamroni Salim, PhD Peneliti Pusat Penelitian Ekonomi LIPI.

Menurut Dr Yuliot, Indonesia termasuk salah satu negara dengan restriksi FDI tertinggi di ASEAN. Namun, bagi investor yang akan masuk ke wilayah ASEAN, Indonesia masih dianggap kurang aktraktif dalam berbagai aspek jika dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya. Ada beberapa tantangan berinvestasi di Indonesia yakni regulasi sectoral, akses pasar, infrastruktur, insentif yang kurang kompetitif dan pekerja yang terampil. Dr. Imam Pambagyo berpendapat bahwa Indonesia semakin menjadi perhatian dunia baik karena kinerja ekonominya yang cukup baik, namun di saat bersamaan tampak ada kekhawatiran bahwa kebijakan yang tidak/belum sesuai dengan komitment di WTO akan ditiru oleh negara lain.

Lain halnya dengan Dr, Arianto Patunru, beliau mengatakan dengan adanya Covid-19 ini, dunia sedang mengalami slowbalisasi, bukan de-globalisasi. Pola perdagangan global sedang mengerucut kepada model GVC (Global Value Chain). Banyak penyesuaian yang harus dilakukan disetiap negara yang bergantung kepada seberapa persistennya guncangan COVID-19. Tantangan ke depan bagi Indonesia adalah akan semakin ketat proteksionisme, ‘trade-induced inequality’ dalam perdagangan global. Implikasi yang bisa diambil oleh Indonesia adalah reformasi perpajakan untuk membiayai sistem perlindungan sosial.

Menurut Zamroni Salim, untuk menghadapi tantangan di era Covid – 19 ini perlu adanya optimasi potensi investasi dan perdagangan serta komponen lainnya dalam dalam menyikapi kontraksi ekonomi nasional dan langkah kebijakan adaptif pada kondisi pandemi COVID-19 dalam jangka endek dan optimasi potensi investasi dan perdagangan dalam jangka panjang.

 

 RNT

Komentar

*
*
*