Dampak Pandemik Covid 19 Terhadap Lembaga Keuangan Mikro
Tema: COVID-19


  • 2020
  • Dr. Agus Eko Nugroho S.E.M.Appl.Econ., Ikval Suardi, M.M, Jiwa Sarana S.E., M.M., M. Soekarni S.E, M.Si., Nur Firdaus S.I.A., M.Bkg&Fin., Septian Adityawati S.E., M.M., Tuti Ermawati M.S.E.n

Abstrak:

Lembaga keuangan mikro telah  menjadi andalan UMKM dalam menjalankan usaha, terutama bagi UMKM yang tidak dapat memenuhi persyaratan untuk mengakses perbankan. Akan tetapi, dengan merebaknya pandemi COVID-19, kondisi sebagian besar lembaga keuangan mikro menjadi terganggu sehingga kemampuannya dalam memasok dana bagi pemenuhan kebutuhan UMKM dan masyarakat pada umumnya menjadi terhambat. Pandemi COVID-19 dan berbagai dampak ikutannya telah menghadang lembaga keuangan mikro dari sisi permintaan dan penawaran secara bersamaan. Dari sisi permintaan, permasalahan timbul akibat banyaknya UMKM yang kegiatannya terganggu, mengalami penurunan, dan bahkan sampai gulung tikar setelah menyebarnya COVID-19 yang diikuti dengan kebijakan PSBB. Pada saat yang bersamaan, dari sisi penawaran, lembaga keuangan mikro juga mengalami kesulitan untuk menghimpun dana dari pihak ketiga (DPK). Dalam kondisi seperti ini, harapan yang masih terbuka tentunya dukungan dana, kelonggaran dan berbagai insentif dari pemerintah. 

Beranjak dari latar belakang dan identifikasi masalah yang dikemukakan di atas, maka perumusan masalah kaji cepat (rapid assesment)  ini dapat dikemukakan secara lebih eksplisit dengan mengajukan empat pertanyaan berikut: (1) Bagaimana kondisi eksisting lembaga keuangan mikro pada masa pandemic COVID-19? (2) Bagaimana dampak COVID-19 terhadap kinerja keuangan lembaga keuangan mikro dilihat dari aspek ekonomi (sustainability financial, impact dan outreach) dan sosial? (3) Apa saja kebijakan pemerintah, baik pusat maupun  daerah, yang meringankan beban dan sekaligus menjadi stimulus bagi lembaga keuangan mikro pada masa pandemi? (4) Bagaimana strategi dan mitigasi yang dilakukan lembaga keuangan mikro untuk tetap bertahan di masa pandemic COVID-19? 

Share: