Daya Saing dan Inklusivitas Perbankan dalam Mendorong Pengembangan UMKM di Sektor Perikanan

Beranda / Buku

Daya Saing dan Inklusivitas Perbankan dalam Mendorong Pengembangan UMKM di Sektor Perikanan
Tema: Keuangan dan Perbankkan


  • 2019-11-04
  • Daya Saing, Inklusivitas, Perbankan, UMKM Sektor Perikanan
  • Dr. Yani Mulyaningsih S.E., M.Si., Erla Mychelisda S.E., M.Bkg&Fin., Jiwa Sarana S.E., M.M., M. Soekarni S.E, M.Si., Nika Pranata S.T.,M.E., MPP, Nur Firdaus S.I.A., M.Bkg&Fin., Nurlia Listiani S.E.M.E.c., Raden Roro Retno Rizki Dini Yuliana S.E., Tuti Ermawati M.S.E., Yeni Saptia S.E., M.Si.
  • Download File

Abstrak:

Buku bunga rampai ini mengkaji bagaimana tingkat daya saing dan inklusivitas keuangan perbankan dalam memberikan akses layanan keuangan bagi UMKM.  Mengingat keberadaan industri keuangan memiliki peranan penting dalam mengembangkan UMKM.

Hasil kajian ini diharapkan dapat berkontribusi untuk mengevaluasi pelaksanaan program kebijakan yang berkaitan dengan industri keuangan secara lebih komprehensif.  Evaluasi tersebut diperlukan guna merumuskan strategi dan kebijakan penguatan peranan lembaga keuangan dalam mengembangkan UMKM, khususnya sektor perikanan.  Sebab, Indonesia sebagai negara maritim dengan potensi perikanan yang cukup besar dan sebagai salah satu pemasok perikanan negara-negara di dunia, namun perhatian untuk peningkatan kapasitas melalui akses permodalan bagi UMKM di sektor perikanan masih rendah.

Share: